Beberapa Kebiasaan Yang Menyebabkan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit menahun aalias kronis dimana bisa dialami oleh seseorang yang tubuhnya tak memproduksi insulin secara cukup. Ketika pankreas tak bekerja secara maksimal dalam menghasilkan insulin atau saat tubuh tak mempergunakan insulin secara optimal dan efektif, diabetes bisa saja terjadi.


Kadar gula darah yang tidak berada pada level normal dan justru berada di atas normal merupakan tanda bahwa seseorang berisiko menderita diabetes. Tentunya ada beberapa kebiasaan penyebab diabetes yang mungkin Anda tidak sadari terus dilakukan setiap hari. Sebelum hejala penyakit diabetes, darah makin serius, kebiasaan-kebiasaan di bawah ini perlu secepatnya diubah.

Beberapa Kebiasaan Yang Menyebabkan Diabetes, diantaranya sebagai berikut :
  • Hobi Ngemil
Banyak orang mengira bahwa kalau sudah membatasi makan malam maupun makan siang maka ia akan terhindar dari diabetes sekaligus obesitas. Namun meski membatasi makan siang dan malam, tetap mengemil keripik atau biskuit sekitar 2 potong. Bahkan kue-kue manis pun juga dikonsumsi untuk mengganjal rasa lapar; kebiasaan inilah yang meningkatkan risiko diabetes.
  • Konsumsi Teh Manis
Ada banyak orang Indonesia yang kalau tidak minum teh manis sehari saja bakal terasa seperti ada yang kurang. Namanya saja teh manis, tentunya penggunaan gula untuk membuat teh ini lebih nikmat sangatlah besar. Gula darah bisa melonjak ketika Anda terbiasa minum teh manis sehabis makan nasi yang menambah kalori di dalam tubuh.
  • Hobi Minum Minuman Bersoda
Dari sejumlah penelitian yang ada, telah dibuktikan bahwa peningkatan risiko obesitas bukanlah satu-satunya dengan mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan. Risiko diabetes pun termasuk tinggi di mana ini semua disebabkan oleh adanya pemanis yang terkandung dalam setiap produk minuman bersoda.
  • Merokok
Sudah bukan rahasia lagi kalau bahaya rokok bagi kesehatan bisa sangat serius dan mengancam jiwa. Telah diteliti di Amerika bahwa risiko diabetes dapat meningkat sebesar 22% terhadap wanita dan pria yang merupakan perokok aktif. Jika kebiasaan merokok disertai pula dengan gaya hidup yang kurang sehat dan tak seimbang, diabetes pun akan mudah menyerang.
  • Malas Olahraga
Peningkatan risiko diabetes bisa naik sampai 90% dalam waktu 20 tahun ke depan yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Ketika kurang olahraga, risiko obesitas dan diabetes menjadi ikut meningkat ketimbang mereka yang olahraga sedikit-sedikit tapi sering. WHO sendiri yang menyatakan demikian sehingga sudah sepatutnya setiap kita menjaga tubuh dengan baik.
  • Memanaskan Lauk di Dalam Microwave Menggunakan Plastik
Diabetes juga berisiko tinggi terjadi pada orang-orang yang berkebiasaan memanasi lauk di dalam microwave. Masalah utamanya di sini adalah memanaskan lauk di mana lauk tersebut dimasukkan atau dibungkus dengan plastik. Perlu diketahui bahwa bahan pembuat plastik pembungkus makanan ada kaitannya dengan peningkatan risiko diabetes pada remaja dan anak-anak.
  • Stress Berlebih
Stres adalah penyebab dari berbagai penyakit, tak terkecuali dengan diabetes. Kebiasaan menyimpan segala masalah sendiri dan memikirkannya secara berlebihan bisa menyebabkan gula darah naik. Kenaikan gula darah tersebut dipicu oleh adanya hormon kortisol dan epinephrine yang terproduksi lebih.
  • Melewatkan Sarapan
Entah karena memang tak ada waktu atau menganggap bahwa tidak makan pagi bisa menurunkan berat badan, maka ada sebagian orang melewatkan sarapan begitu saja. Rupanya, kebiasaan seperti ini malah menjadi faktor pemicu diabetes tipe 2 apabila terlalu sering dan menjadi kebiasaan jangka panjang.

0 Response to "Beberapa Kebiasaan Yang Menyebabkan Diabetes"

Posting Komentar