Pantangan Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Pantangan Untuk Penderita Penyakit Diabetes - Seorang penderita diabetes harus memerhatikan bahan makanan sehari-harinya. Misalnya, lebih memilih beras merah daripada nasi putih. Sebab, nasi putih adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.


Bagi penderita diabetes harus memilih asupan makanan adalah sangat penting, sebab ada kelompok makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi, dan ada juga kelompok makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Pantangan diabetes yang harus diperhatikan

Bagi penderita diabetes asupan makanan sangat berpengaruh inilah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasein diabetes.
  • Karbohidrat
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat. Anda bisa mengonsumsi beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.
  • Protein.
Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.
  • Produk susu.
Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.
  • Minuman dan buah-buahan.
Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.
Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.
  • Sayuran
Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang. Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega.

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi maknan yang seharusnya tidak boleh dimakan, gula darah dapat mengalami lonjakan akibatnya bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf  terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

0 Response to "Pantangan Untuk Penderita Penyakit Diabetes"

Posting Komentar