Buah - Buahan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu membatasi jumlah gula yang mereka konsumsi, termasuk gula alami dari makanan. American Diabetes Assocuationmenyatakan bahwa buah buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang justru penting bagi penderita diabetes.


Kandungan antioksidan dalam buah juga sangat baik untuk mencegah kerusakan sel. Antioksidan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh tekanan oksidatif. Tekanan oksidatif ini dapat menyebabkan komplikasi yang banyak dialami penderita diabetes.

Meski mengandung banyak manfaat kesehatan, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi buah segar sembarangan. Yang perlu Anda perhatikan adalah porsi dari buah-buahan tersebut. Anda juga perlu menghindari buah kalengan yang diberi sirup atau gula tambahan lainnya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pola makan dan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi, agar kadar gula darah Anda terus terkontrol.

Berikut Buah Terbaik Untuk Penderita Diabetes

  • Buah Beri
Baik stoberi, blueberry, blackberry, dan buah beri lainnya kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Buah yang dikategorikan ADA sebagai diabetes superfood ini juga memiliki kalori dan karbohidrat rendah, yakni sekitar 62 kalori dan 16 gram karbohidrat per ¾ cup.
  • Jeruk
Satu jeruk segar mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Jeruk juga termasuk aman dikonsumsi karena hanya mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dan 62 kalori per buahnya. Ditambah lagi, buah ini memiliki folat dan potasium yang dapat membantu menetralkan tekanan darah.
  • Buah Pir
Buah pir memiliki sekitar 100 kalori dan 26 gram karbohidrat pir juga memiliki flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. 
  • Apel
Sebuah apel ukuran kecil memiliki 54 kalori dan 14 gram karbohidrat. Apel juga dilengkapi dengan serat yang berlimpah dan vitamin. Jika memungkinkan tidak perlu mengupas kulitnya karena kaya akan antioksidan dan jangan lupa mencucinya agar bersih dari pastisida atau pilihan apel organik.
  • Kiwi
Kiwi memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk penderita diabetes. Kiwi juga mengandung inositol yang penting untuk mengatur kadar glukosa darah. Antioksidannya dapat mencegah kerusakan DNA dan sedangkan potasiumnya membantu mengatur tekanan darah dan melindungi jantung.
  • Jambu Biji
Dengan nilai indeks gilkemik yang rndah, mengandung serat, vitamin A dan C, jambu biji sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat membantu untuk mengontrol diabetes.
  • Ceri
12 butir buah ceri manis memiliki 59 kalori dan 14 gram karbohidrat yang aman disertakan dalam diet untuk penderita diabetes. Namun, ceri asam lebih dianjurkan karena mengandung lebih banyak senyawa anti inflamasi. Baik ceri manis dan asam juga memiliki antosianin yang dapat membantu meningkatkan produksi insulin hingga 50% menurut penelitian dari Michigan State University.
  • Anggur
Anggur merah dan hitam merupakan salah satu buah yang dianjurkan oleh ADA untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Anggur merah memiliki resveratrol yang dapat membantui mencegah obesitas dan komplikasi diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah anggur dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah resistensi insullin.
  • Pepaya
Pepeaya memiliki IG alami rendah sehingga dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Kandungan potasiumnya pun tinggi dibandingkan buah lain sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Dan tidak hanya itu, pepaya juga kaya akan kroten dan enzim papain yang dapat melawan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  • Semangka
Semangka memiliki IG yang sangat cukup tinggi, rendahnya karbohidrat tersebut membuat 1 porsi kecil semangka memiliki beban gilkemik rendah dan tidak meningkatkan kadar glukosa darah secara tajam. 

Dan disamping itu semangka juga memiliki karotenioid likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menurunkan kadar glukosa. Semangka pun termasuk salah satu buah yang direkomendasikan ADA sebagai buah untuk penderita diabetes.

0 Response to "Buah - Buahan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar